Sunday, August 12, 2012

The Incoming Semester ^_^


Hey people, tomorrow is my first lecture. Excited tapi takut juga.hehe… Kurang lebih rasanya sama ketika jadi mahasiswa baru di UI. Dari segi persiapan kuliah, baik itu dosen maupun mahasiswa disini lebih oke dibandingkan my home university. Beberapa hari sebelum kelas berlangsung dosen udah memberikan silabusnya lewat email ke semua mahasiswa. Peraturan di kelas dan segala sanksinya pun tercantum di email itu. Terlebih lagi slide buat kuliah. Dosen udah ngirim slide yg akan dipresentasikan besok ke semua mahasiswa sehingga mahasiswa sudah bisa mempersiapkan materi sebelum mengikuti kelas. Mahasiswa pun demikian. Dari jauh-jauh hari sebelumnya mahasiswa yang akan mengikuti kelas tersebut beramai-ramai membeli buku referensi yang akan digunakan. Disini tidak ada yang namanya gratisan. Klo di UI masih ad gw temukan senior yang ngasi minjem atau bahkan ngasi minta juniornya buku referensi. Disini para senior menjual bukunya. NUS punya sebuah system dimana para senior bisa menjual bukunya online. Para junior yang tidak ingin menghabiskan duitnya untuk beli buku baru (secara harga buku disini mahal banget) bisa masuk ke system itu dan melihat buku apa saja yang dijual oleh senior-seniornya. Yah ini sungguh praktis. Bahkan aku pun beli sebuah buku dgn harga $12. Padahal harga buku itu yg baru $60 kurang lebih. Lumayan banget dan kondisi buku msh sangat bagus. Di Indonesia, fotokopi masih marak bgt. Org yang gk mau beli buku baru, bisa tinggal fotokopi.  Disini, kalo kita mau fotokopi buku, hanya diijinkan 10% dari buku itu yang difotokopi. Yeeaah..disini gk sebebas di Indo klo soal fotokopi. Mereka sangat hati-hati dengan hal-hal yang berbau plagiarism ataupun semacamnya.
Btw gw sedih gw sementara cuma dapet 3 module, 2 module komunikasi dan 1 module sosiologi. Gw pengen drop 1 modul sosiologi, tp ngga bisa since 3 are the minimum modules that I can take. Beberapa hari lalu gw email dosen abnormal psychology disini supaya diijinkan untuk masuk ke kelasnya, tapi sayang sekali beliau menjawab tidak memiliki wewenang untuk itu. Then I contacted the psychology general office to give me the way out..no reply yet. I hope they can help me. Untuk sementara gw disini msh menunggu besok pagi jam 9 buat add module lg. Semoga ada beberapa yg bisa gw ambil.
I get so excited for tomorrow. The Principles of Communications Management, ya itu nama modulnya. Ngga dapet Pengantar Ilmu Komunikasi di UI, tp gw malah dapetnya disini. Yeay!!!  Semoga dosennya ngga scary yah dan lecturenya jg ngga yg berat-berat banget.hahahaha… Selamat menempuh semester baru…!!!! :D

No comments:

Post a Comment