Thursday, June 13, 2013

Meaningless

Aku sadar aku berada di sebuah tempat yang asing bagiku, di sebuah hotel mewah lantai 14. Sepintas ruangan kamar ini terlihat kecil, tapi ada satu bagian di ruangan ini yang membuatku merasa sangat nyaman. Spot itu adalah sebuah meja well-furnished yang tepat di depannya jendela yang memungkinkanku untuk melihat pemandangan di luar. Inilah Bandung. Ini kali pertama aku mengunjungi tempat ini. Impresi pertama sangat baik, setidaknya aku jauh merasa lebih aman dan nyaman berada di kota ini dibandingkan Jakarta. Di meja yang terletak di sudut ruangan ini aku membuka laptopku dan mendengarkan musik yang sangat indah yang baru saja kuunduh dari internet, judulnya Handle with Care, sebuah lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi asal Filipina. Suaranya indah, akustiknya sederhana, dan sangat easy listening. Aku berpikir mungkin ini lagu yang sangat tepat untuk menemaniku malam ini. Aku sama sekali tidak merasakan kantuk. All I want to do is just writing something..and this is it, the result of my idle. Nothing special, just a bunch of meaningless words.
           Pernah ngga kalian ngerasain ingin mengungkapkan sesuatu kepada seseorang tapi ngga bisa? Bukan karena kita tidak mampu, karna kita tau sekalipun kita mengutarakannya tak akan ada yang berubah, baik dalam dirinya, diri kita, maupun situasi di sekitar kita. Jadi buat apa diungkapkan? Tapi sekarang pertanyaannya darimana kita tau bahwa itu tidak akan mengubah apapun? Hanya keyakinan semata? Seringkali keyakinan itu tidak didasarkan pada fakta dan alasan yang logis, sehingga meleset tidak sesuai dengan apa yang diyakini. Mungkin dalam hal ini pun demikian. Jadi kalo kita sudah tahu bahwa itu hanya keyakinan belaka yang belum tentu benar, harusnya kita ungkapin dong sesuatu itu? Tapi kenapa tetap tidak dilakukan? Mungkin karena kita berpikir bahwa sekalipun perubahan akan terjadi ketika kita mengungkapkan, tapi bisa jadi perubahan itu adalah perubahan yang negatif, dan kita tidak ingin itu terjadi. Iya, itu. Itulah sebabnya mengapa sampai sekarang pun sesuatu itu tidak kuungkapkan..dan ini akan kusimpan selamanya.          
        Sekarang kita berbicara hal yang berbeda. Apa yang akan kalian lakukan jika kalian menemukan seseorang yang tidak mengindahkan ucapan kita? Padahal ucapan itu adalah sebuah pujian dan doa? Ya itu hak mereka. Hak mereka untuk merespon apapun pada orang lain. Ini bukan masalah pantas tidaknya mereka melakukan itu pada kalian, tapi apa yang terasa dan terpikir di benak kalian ketika itu terjadi? Sakit bukan? Apalagi kalau orang itu adalah orang yang keberadaannya penting buat kalian. Aku yakin setiap orang di dunia ini pernah mengalami itu. Mungkin seseorang yang melakukan itu padamu juga diperlakukan demikian oleh orang lain, yang dianggapnya penting. Rasa sakit itu akan ia rasakan juga kok, tinggal masalah kapan dan dengan cara apa. Jadi, kalau memang demikian, seharusnya kita semua sadar bagaimana sebaiknya memperlakukan orang lain supaya tidak menyakiti. Hidup itu panjang, masih banyak ada pengalaman-pengalaman hidup di depan kita nanti yang akan menyadarkan kita bahwa apa yang kita lakukan itu ternyata menyakiti orang lain.
           Demikian sedikit hal yang terpikirkan dan bisa kubagikan pada kalian. Semoga setiap hal baik kecil maupun besar membuat kita belajar. 

No comments:

Post a Comment