Friday, January 11, 2013

GWS My Jowl ^^

Hari ini aku pergi ke dokter bedah mulut. Sudah 2 bulan lamanya aku merasakan ada yang aneh dengan rahangku sebelah kiri. Setiap membuka mulut agak lebar, pasti bunyi ‘klik’ atau ‘klutuk2’. Bahkan pernah ketika makan aku ngga bisa menutup mulutku beberapa detik namun pada akhirnya setelah pelan2 bisa tertutup lagi. Aku bingung apa yang salah. Aku tidak pernah jatuh, pun terpukul atau kejedot sesuatu. Ini terjadi gitu aja. Sejak kemarin semua terasa makin parah. Aku ngga bisa membuka mulutku dengan lebar, bahkan makanpun aku kesulitan memasukkan makanan. Aku tidak sanggup memakan makanan yang keras-keras, dan memasukkan makananpun aku harus sedikit demi sedikit. Jujur aku merasa sangat tidak nyaman. Akhirnya orang tua memutuskan membawaku ke dokter bedah mulut tadi siang. Aku diperiksa, mulutku dirontgen, dan diberi obat, kata dokternya, aku terkena peradangan rahang. Beliau menyebutkan istilah kedokterannya, tapi aku lupa.  Dokter itu menyuruhku memasukkan 2 jariku ke mulut. Seharusnya kalau rahang orang normal, bisa dimasukkan minimal 2 jari, bahkan juga 3 jari. Tapi aku 2 jaripun tak masuk ke dalam mulutku. Mengetahui hal itu, dokter sangat yakin kalau memang ada kelainan di rahangku. Akhirnya beliau memutuskan memberiku obat pehilang radang dan sebuah alat untuk mengistirahatkan rahang. Bentuknya seperti gigi, bahannya karet. Sepintas itu alat terlihat biasa dan murah, tapi ternyata harganya 1,2 juta. Ternyata memang alat2 kedokteran terutama gigi itu sangat mahal. Ketika sampai di receptionist, total semua harga alat, Rontgen, dan konsultasi itu sampai 2 juta. Lumayan yaaah, padahal diperiksa ngga sampai 1 jam.
Hhhmmm…pikir2 hidup itu penuh dinamikanya. Sekalipun aku udah rajin olahraga dan makan makanan yang bergizi, tapi tetap saja kena sakit juga. Ya sakitnya begini, yang ngga pernah terduga sebelumnya. Jujur rasanya tersiksa. Aku harus terus perhatian, jangan sampai lupa kalau aku punya sakit ini. Kalau lupa, dan ngga sengaja buka mulut lebar2 ya malah bahaya. Yah intinya ngga ada sakit yang enak, sakit sebiasa apapun. Mudah2an rahangku cepat pulih kembali dan aku bisa makan dengan bebas. Sekarang aku harus diet makanan lunak. Sebisa mungkin jangan makan makanan keras dan harus pelan-pelan ketika mengunyah makanan. Aku bakal lakuin semua perintah dokter dengan baik, supaya cepat normal kembali…

No comments:

Post a Comment